Telkomsat Selenggarakan Sharing Session Guna Mendukung Program Merdeka Kampus dari KEMDIKBUD

  • Juni 28, 2021
Alt
Bogor – Sebagai upaya mendukung salah satu program pemerintah dalam meningkatkan kompetensi para Mahasiswa, Telkomsat menyelenggarakan sharing session yang bertemakan “Astronomy in Everyday Life and Its Impact to Satellite Industry”. Acara ini merupakan salah satu rangkaian panjang dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diikuti oleh Mahasiswa Astronomy ITB.
 
Acara yang diselenggarakan secara virtual ini, menampilkan Direktur Operasi Telkomsat Anggoro K. Widiawan, Ph.D sebagai narasumber, Tim Magang MBKM, dan dihadiri oleh seluruh Karyawan Telkomsat, pada tanggal 26 Juni 2021.
 
Dalam pembukaannya, Direktur Operasi Telkomsat menyambut baik atas terselenggaranya acara ini. Lebih lanjut Beliau pun memberikan gambaran mengenai transformasi energi yang ada di dalam tata surya, ilmu elektronika dan astromi, serta teknologi-teknologi aerospace.
 
Setelah mendengarkan materi dari Direktur Operasi Telkomsat, acara selanjutnya diisi oleh presentasi dari masing-masing mahasiswa. Para mahasiswa ini membawakan presentasi mengenai Evolusi Bintang yang dimulai dari pembentukan dan perkembangan bintang hingga masa depan matahari.
 
Selain itu, para mahasiswa juga menjabarkan presentasi mengenai cuaca antariksa dan prediksi badai matahari yang berkaitan dengan dunia aerospace. Pada akhir sesi, para partisipan diajak untuk mengenal usia gugus NGC 5466 dengan Isochrome Fitting yang sangat menarik.
 
Acara yang berlangsung selama dua jam tersebut mendapat respon positif dari para partisipan, terbukti dengan banyaknya pertanyaan membanjiri kolom komentar pada saat live streaming berlangsung.
 
Program MBKM merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.
 
Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama, pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.
 
Dengan adanya program ini, Telkomsat akan terus mendukung berbagai program pemerintah dalam upaya mencerdaskan bangsa melalui berbagai pengetahuan yang dimiliki oleh para ahli di Telkomsat.
Arsip