Telkomsat Menghadiri Pengkajian Posisi Indonesia Terhadap GSO yang diadakan oleh LAPAN

  • Oktober 20, 2019
Alt
Bogor - Pada tanggal 17-18 Oktober 2019, Telkomsat menghadiri undangan Focus Group Discussion (FGD) mengenai pengkajian Posisi Indonesia terhadap Geostationary Orbit (GSO) yang diadakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Acara yang berlangsung di The Alana Hotel Conference Center Bogor, membahas mengenai rumusan pengaturan penggunaan GSO dalam rejim hukum khusus atau Sui Generis Regime yang sebenarnya telah menjadi posisi dasar Indonesia terhadap GSO sejak tahun 1998. Selain itu, forum ini juga membahas mengenai strategi perjuangan posisi dasar Indonesia tentang GSO di forum Internasional. 

Forum FGD dipimpin oleh Dr. Robertus Heru Triharjanto, M.Sc sebagai Ketua Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Angkasa (KKPA) LAPAN dengan menghadirkan narasumber utama yaitu Totok Sudjatmiko, S.Sos., M.Si (Pusat KKPA), Prof. Dr. I.B.R. Supancana, SH. MH (Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Atmajaya Jakarta), Dr. Denny Setiawan, ST., MT (Direktur Penataan Sumber Daya Dirjen SDPPI KOMINFO), dan Prof. Dr. Makarim Wibisono, M.A-IS, M.A., (Guru Besar Tidak Tetap Universitas Airlangga).

Keikutsertaan Telkomsat selaku operator satelit dalam forum ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan manfaat terkait dengan pentingnya GSO sebagai penunjang infrastruktur satelit untuk mempersatukan Indonesia yang merupakan negara kepulauan.
 
Arsip