Telkomsat Laksanakan Risk Based Audit Guna Tingkatkan Efisiensi & Efektivitas Pengelolaan Risiko

  • Oktober 01, 2023
Alt
Bogor - Pelaksanaan audit internal terhadap Integrated Management System ISO di Telkomsat telah resmi dimulai pada hari Senin, 25 September 2023. Acara ini dibuka dengan “Opening Meeting kegiatan Audit Internal terhadap Integrated Management System ISO” oleh Rizal Ahmad Fauzi, selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, yang sekaligus sebagai PGS VP Audit & Synergy. Kegiatan audit internal ini berlangsung dari tanggal 25 September 2023 hingga 4 Oktober 2023 dengan mengusung tema “Memastikan Implementasi Bisnis Proses ISO sesuai Risk Based Audit untuk Mendukung Bisnis Perusahaan”. Opening Meeting dilakukan melalui video conference dan dihadiri oleh internal auditor, perwakilan auditee, serta beberapa senior leaders. Tujuan dari pelaksanaan audit internal terhadap Integrated Management System ISO tahun 2023 ini adalah untuk mempertahankan sertifikasi ISO yang sudah dimiliki Telkomsat, antara lain ISO/IEC 9001:2015, 45001:2018, 27001:2013, 20000-1:2018.
 
Sesuai dengan tema yang telah diusungkan, pelaksanaan audit internal terhadap Integrated Management System ISO tahun 2023 akan dilakukan dengan metode Risk Based Audit (RBA) atau Audit Berbasis Risiko. Risk Based Audit (RBA) adalah salah satu pendekatan audit yang mengutamakan penggunaan sumber daya audit berdasarkan pada tingkat risiko yang dimiliki oleh berbagai bagian atau proses dalam Perusahaan, artinya bagian atau proses yang memiliki risiko lebih tinggi dan dapat menghambat pencapaian objective unit akan mendapatkan perhatian lebih besar dalam audit.
 
Risk Based Audit membantu perusahaan untuk lebih berfokus pada risiko utama yang benar-benar penting dan memiliki dampak signifikan terhadap operasional dan objective bisnis, serta membantu dalam mengidentifikasi potensi perbaikan proses atau tindakan yang diperlukan untuk mengelola risiko dengan lebih baik. Dengan metode Risk Based Audit, penggunaan sumber daya audit yang berlebihan pada area yang memiliki risiko rendah dapat dihindari. Hal ini membuat audit yang dilakukan menjadi lebih relevan dan informatif, memungkinkan perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya dengan lebih bijak serta meningkatkan efisiensi proses audit.
 
Audit internal terhadap Integrated Management System ISO Telkomsat tahun 2023 akan dilakukan terhadap 22 Subdit, 5 bagian unit, dan Top Management di Telkomsat. Ruang lingkup objek audit adalah :  proses bisnis yang berjalan mulai dari 1 Januari 2023 hingga 25 September 2023; berfokus untuk memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan telah sesuai dengan klausul-klausul yang dipersyaratkan oleh ISO dan dapat ditunjukkan oleh evidence yang relevan; serta berfokus untuk memastikan bahwa substansi risiko unit telah dikelola oleh unit melalui aplikasi ERM Online
 
Dalam sambutannya, Rizal Ahmad Fauzi, menyampaikan bahwa pelaksaanaan audit internal ini  bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan menjalankan bisnis dengan cara yang proper. Audit internal ini diharapkan dapat dilakukan dengan tepat waktu, tepat sasaran, dan substantial sehingga dapat menjadi dasar untuk memperbaiki proses, menjadi perisai untuk mencapai tujuan, dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.
 
Dengan mengimplementasikan Risk Based Audit sebagai metode untuk mengelola risiko dengan lebih efektif, Telkomsat diharapkan dapat mengambil langkah yang lebih pasti menuju keberhasilan jangka panjang.
 
#TelkomsatMelesat
Arsip