Telkomsat Kembali Berkontribusi Dalam Pengendalian Karhutla di Provinsi Kalimantan Timur

  • Mei 05, 2021
Alt
Balikpapan - Sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Telkomsat bersama dengan induk perusahannya PT Telkom Indonesia kembali berkontribusi dalam menyediakan aplikasi sistem analisa pengendalian Karhutla bernama “Asap Digital”, yang berkolaborasi dengan Polri.
 
Peluncuran aplikasi Asap Digital di kota Balikpapan ini, ditandai dengan Nota Kesepahaman (MoU) antara Telkom Indonesia dengan Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit (GAPKI) Kalimantan Timur, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia Komisariat Daerah Kalimantan Timur (APHI Komda Kaltim) dan Polda Kaltim.
 
Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara dan Kapolda Kalimantan Timur, Irjen. Pol Herry Rudolf Nahak di Balikpapan (27/4).
 
Dalam sambutannya Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara mengatakan, aplikasi Asap Digital ini merupakan wujud dukungan Telkom dalam mendukung upaya pemerintah untuk mencegah dan menimalisir Karhutla yang merugikan masyarakat, melalui optimalisasi ICT.
 
Disisi lain, Aplikasi ini merupakan bentuk supervisi dari MABES Polri dalam mengecek kesiapan ASAP DIGITAL Nasional di wilayah Kalimantan dan 9 polda prioritas lainnya.
 
Asap Digital merupakan aplikasi yang memuat berbagai macam informasi terkini, seperti pantauan CCTV, konektivitas, serta aplikasi dan dashboard monitoring, yang berfungsi untuk memantau terjadinya kebakaran dan mendeteksi titik panas penyebab kebakaran.
 
Melalui aplikasi ini, Telkomsat senantiasa berperan aktif dalam memberikan yang terbaik bagi negeri melalui berbagai inovasi dan layanan yang dihadirkan.


Sumber:
Prokalsel - https://kalsel.prokal.co/read/news/40820-antisipasi-karhutla-melalui-aplikasi-asap-digital-polda-kaltim-dan-gapki-gandeng-telkom

Arsip