Telkomsat dan TNI Angkatan Darat Lakukan Pengujian Perangkat HT Satelit

  • Agustus 19, 2022
Alt
Bogor, 18 Agustus 2022 - Dalam rangka menunjang kebutuhan telekomunikasi dalam setiap misi yang diemban, Telkomsat dan TNI Angkatan Darat melakukan pengujian perangkat HT Satelit. Perangkat portable ini merupakan salah satu produk dari Telkomsat yang menggunakan sistem radio dua arah serta menggunakan jaringan satelit Iridium. Keberadaan perangkat ini dinilai sangat cocok untuk menunjang komunikasi pasukan TNI di daerah terpencil dan terisolasi.
 
Pengetesan perangkat dilakukan di beberapa lokasi terpencil yang berada di daerah Bogor. Dalam kegiatan ini hadir pula KAHUB Kopassus - Letkol CHB Setyo Budi Nugroho, Kabag Jaringan Binkom Pushubad - Letkol CHB Sigit Nugroho, AM Telkom MPS - Ikhwan Indra Putra, SAM Goverment Service Telkomsat - Widy Sulistiano, AM Goverment Service Telkomsat - Adhe Ilham Hawari, Engineer SD Telkomsat - Agung Anindito Putro dan tim Engineer Telkomsat. 
 
Dalam kesempatan ini, TNI Angkatan Darat belajar dan mengamati Tim Telkomsat melakukan pengujian perangkat HT Satelit. Mulai dari pengecekan kelengkapan unit, pengenalan alat, pengoperasian dashboard, hingga pengujian fungsi secara langsung. Selama dalam pengujian perangkat HT Satelit secara langsung, Tim TNI Angkatan Darat dan Tim Telkomsat melakukan uji coba hingga ke Kawasan Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor. 
 
TNI Angkatan Darat merespon baik adanya HT Satelit dari Telkomsat, hal ini dikarenakan melalui perangkat ini Tim TNI dapat meningkatkan kompetensi personil terkait dengan teknologi satelit, security dan pengetahuan perangkat telekomunikasi. 
 
Produk HT Satelit dari Telkomsat ini memiliki beragam fitur, seperti: memiliki komunikasi secara global dan luas, realtime dengan latensi yang rendah, tahan air, kedap debu, baterai tahan lama, serta mampu mendukung mobilisasi pasukan yang tinggi, serta dapat digunakan di dalam kendaraan maupun di dalam gedung sekalipun dengan aksesori device pendukung. 
 
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menunjang kinerja pasukan TNI melakukan komunikasi di berbagai lokasi tanpa khawatir terkendala kesulitan jaringan komunikasi. 
 
#TelkomsatMelesat
Arsip