Patrakom Gandeng SES Perkuat Layanan Maritim Broadband

  • Juli 01, 2017
Alt
Jakarta - PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Patrakom)  menggandeng  SES untuk memperkuat layanan maritim broadband.

“Kita sewa transponder milik SES untuk melayani kapal-kapal tanker yang lintas benua,” ungkap Direktur Utama Patrakom Bogi Witjaksono.

Diungkapkannya, kapasitas transponder yang disewa sekitar 28 MHz alias tak sampai satu transponder. “Kita lumayan kuat posisinya di pasar maritim broadband, ada sekita 77 kapal sudah dilayani dan sekarang dalm proses dapat puluhan order kapal lagi,” pungkasnya.

Sementara itu dalam rilis resminya, SES Networks bersama Patrakom akan menyediakan konektivitas bagi 80 kapal melalui satelit SES-9 yang berada di slot orbit 108.2 bujur timur. Satelit ini paling besar di Asia Pasifik dan mampu melayani kapal yang berlayar di samudera timur India.

Asal tahu saja, Patrakom adalah anak usaha Telkom yang diandalkan menggarap pasar maritim broadband. Solusi yang ditawarkan Patrakom untuk telekomunikasi maritim dengan perangkat utama berupa Gyro Stabilized Antenna. Penggunaan gyro pada sistem antena ini mampu menstabilkan arah pointing ke satelit yang dituju walaupun platform tempat antena terpasang bergoyang atau bergerak. Dengan demikian, interkoneksi untuk akses internet dan berbagai aplikasi lain yang sangat dibutuhkan bagi kegiatan bisnis di lepas pantai dan di tengah laut dapat dipenuhi.

Patrakom juga menyediakan solusi terintegrasi berupa aplikasi untuk memenuhi kebutuhan industri maritim seperti: Aplikasi Vessel Tracking, Aplikasi Cargo, Aplikasi Logistic & Fleet Management, Aplikasi Komunikasi Kapal Pandu (Ship to Port Communication) dan tentunya kebutuhan internet serta vessel tracking sehingga kapal dapat dipantau dan dikoordinir dari kantor di  darat sekaligus untuk komunikasi dengan awak kapal.
Arsip