Layanan Satelit Telkomsat, Siap Membantu Pemerintah India Dalam Meminimalisir Kesenjangan Digital

  • Juli 15, 2021
Alt
Pada tanggal 14 Juli 2021, CEO Telkomsat Endi Fitri Herlianto berkesempatan menjadi salah satu pembicara dalam acara yang bertajuk “Interactive Roundtable on ASEAN and INDIA: Charting the New Asian Century”. Acara yang digelar secara virtual ini diselenggarakan oleh Badan Promosi & Fasilitator Penanaman Modal Nasional bernama Invest India.
 
Pada kesempatan ini, CEO Telkomsat berdampingan dengan empat CEO dari negara ASEAN lainnya, seperti CEO CapitaLand India – Vinamra Srivastava, CEO Atantic Gulf & Pacific Company India - Abhilesh Gupta, CEO Mettube Malaysia - Ajay Singh dan CEO SCG Thailand - Abhijit Datta. Acara yang berlangsung selama 60 menit ini dimoderatori oleh Smt. Sumita Dawra yang sekaligus sebagai Additional Secretary, Department for Promotion of Industry & Internal Trade, Government of India.
 
Interactive Roundtable ini memberikan kesempatan bagi Telkomsat untuk menyampaikan isu-isu terkait akses market di India, khususnya di pasar satelit. Dalam paparannya, CEO Telkomsat menyampaikan bahwa Indonesia merupakan mitra utama India di Kawasan Asia Tenggara dan Indonesia merupakan negara perdagangan kedua terbesar di ASEAN pada periode tahun 2019-2020.
 
Selain itu, rencana kolaborasi yang didasari dengan adanya perjanjian tingkat tinggi antara Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tahun 2018 lalu, diharapkan dapat meningkatkan kerjasama ekonomi disemua bidang. Salah satunya dengan membangun Kemitraan Strategis Komprehensif untuk membawa hubungan bilateral Indonesia dan India ke era baru.

Telkomsat yang merupakan bagian dari Telkom Group dan berfokus dalam bisnis satelit, mulai memasuki pasar India sejak tahun 2018 dengan keberadaan Satelit Merah Putih yang mempunyai coverage di India. Telkomsat telah melakukan berbagai pendekatan, baik pendekatan G2G maupun B2B. “Kami yakin bahwa India yang merupakan negara ketujuh terluas dan negara kedua terbanyak populasinya di dunia, masih membutuhkan satelit untuk meminimalisir kesenjangan digital di India,” ungkap Endi.

Kegiatan interactive roundtable ini sekaligus merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya antara Telkomsat, Kedutaan Besar Republik Indonesia di India dan Instansi Pemerintah India. Diharapkan hubungan yang baik antara Telkomsat dan Invest India akan menjadi titik tolak yang baik bagi Perseroan untuk masuk ke pasar India serta dapat meningkatkan profitabilitas dan kemajuan bisnis Telkom Group.
Arsip