Hadirkan Berbagai Inovasi Layanan Buktikan Telkomsat sebagai Poros Penggerak Transformasi Digital

  • Oktober 19, 2021
Alt

Seiring berkembangnya pengetahuan dan zaman, penggunaan teknologi digital kini semakin berkembang pesat. Ditambah dengan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang ini, mendorong teknologi digital mulai merambah ke segala aspek kehidupan. Pandemi memaksa berbagai aktivitas untuk dialihkan secara remote atau online. Dampaknya, dunia secara pesat bertransformasi ke arah digital. Indonesia juga tidak ingin tertinggal, berbagai platform digital berlomba-lomba untuk mengembangkan layanannya sehingga mendukung masyarakat untuk beradaptasi menyambut era digital 4.0.

Komitmen Pemerintah untuk terus melakukan akselerasi transformasi digital tersebut telah dirancang melalui Roadmap Digital Indonesia 2021-2024. Rencana tersebut meliputi empat (4) sektor strategis seperti infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital. Dan sebagai salah satu anak perusahaan Telkom, Telkomsat telah berhasil meluncurkan berbagai inovasi layanan guna mendukung penyediaan infrastruktur digital tersebut.

Selama ini sering kita dengar bahwa layanan digital Indonesia belum berkembang akibat akses internet atau sinyal yang lamban. Masalah tersebut sudah menjadi berita lama yang menghambat transformasi digital hingga ke pelosok negeri. Hadirnya Telkomsat melalui layanan satelitnya menjadi teknologi yang solutif untuk mengatasi masalah tersebut. Teknologi satelit dikenal sebagai teknologi yang paling cepat dalam instalasi jaringan sehingga efektif untuk membangun jaringan internet ke seluruh wilayah Indonesia. Tanpa jaringan yang baik, aktivitas digital tidak akan berjalan optimal. Oleh karena itu, keberadaan layanan satelit Telkomsat menjadi pondasi utama untuk membangun jaringan digital secara menyeluruh.

Perusahaan yang resmi diakusisi 100% oleh Telkom pada tahun 2013, tidak pernah berhenti melakukan berbagai terobosan sebagai bukti bakti pada negeri. Bahkan, sejak tahun 2015, Telkomsat telah meluncurkan layanan bernama “Mangoesky”. Layanan ini memberikan solusi nyata bagi wilayah 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal) di Indonesia. Melalui layanan tersebut, kebutuhan akses internet masyarakat di pelosok negeri ini dapat terpenuhi.

Tahun berikutnya, inovasi layanan akses internet di atas kapal diluncurkan melalui produk “Coconnet”. Inovasi tersebut kemudian terus dikembangkan dengan peluncuran produk “Vessel Information System (VIS)”. Inovasi ini merupakan aplikasi yang berfungsi menyediakan layanan informasi dan alat monitoring kapal yang dapat dilakukan secara real time. Inovasi-inovasi ini adalah kontribusi nyata Telkomsat dalam membangun Indonesia dengan menyediakan layanan akses internet yang seringkali menjadi pokok masalah di beberapa wilayah Indonesia.

Apabila ditelusuri hingga detik ini, berbagai layanan Telkomsat telah hadir sebagai solusi bagi berbagai sektor pembangunan transformasi digital di Indonesia. Berbagai layanan tersebut di antaranya mencakup kegiatan penerbangan, telekomunikasi, maritim, transponder, minyak dan gas, bahkan sumber daya alam. Ternyata, banyak sekali peran dan jasa Telkomsat dalam mengakselerasi digital di Indonesia.

Tanpa inovasi, sebuah perusahaan akan tertinggal dan tidak dapat bertahan. Sehingga Telkomsat terus beradaptasi mengikuti perkembangan zaman, dengan cara melakukan peluncuran produk-produk baru sebagai bentuk inovasi bisnis digital. Salah satunya dengan meluncurkan “Telkomsat Indonesia AIS Data Provider”, yang diluncurkan pada tanggal 28 April 2021. Inovasi berupa aplikasi tersebut, memiliki fungsi dalam memenuhi kebutuhan informasi pada posisi kapal yang berbasis data AIS (Automatic Identification System) dari kapal-kapal yang beredar di perairan Indonesia.

Sekali lagi, Telkomsat membuktikan kontribusi nyata dalam kemajuan industri maritim Indonesia melalui berbagai layanan satelit tersebut. Karena itu, tidak mengherankan jika Telkomsat berhasil meraih kembali penghargaan dalam Ajang Corporate Image Award 2021. Inovasi dan komitmen tersebut telah membawa Telkomsat sebagai perusahaan yang memiliki kredibilitas baik dan terus menjaga eksistensinya dalam percepatan digital di Indonesia. Atas jasanya yang terus berkelanjutan, maka sudah seharusnya Telkomsat layak menjadi poros penggerak transformasi digital di Indonesia.

#Spaceforeveryone


Arsip