Dorong Generasi Muda Kuasai Teknologi Satelit, Telkomsat Kenalkan “Nano Satellite Design”

  • Maret 22, 2021
Alt
Dalam rangka memberikan informasi yang akurat mengenai  teknologi Aerospace and Remote Sensing System, Telkomsat bersama dengan IEEE AES/GRSS dan Telkom University (Tel-U) menggelar Workshop yang berjudul “(Nano) Satellite Design” yang digelar secara daring pada tanggal 19 - 20 Maret 2021.
 
Workshop on (Nano) Satellite Design adalah sebuah pelatihan yang mempelajari bagaimana cara melakukan perancangan satelit kecil yang dapat melakukan berbagai layanan khusus, seperti konstelasi komunikasi, observasi bumi, misi lokalisasi, ataupun misi konstelasi lainnya.
 
Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini, diikuti oleh lebih dari 500 peserta dan menghadirkan 5 (lima) pembicara profesional yang ahli dibidangnya khususnya mengenai satelit dan desain satelit, salah satunya adalah Direktur Operasi Telkomsat, Dr. Anggoro K. Widiawan.
 
Dalam persentasinya, Beliau menjelaskan mengenai small satellite yang akan menjadi bright future bagi perkembangan telekomunikasi dan informasi dimasa depan.
 
“Pertumbuhan small satellite industry di dunia sangatlah pesat. Terbukti dari riset yang dilakukan oleh Trends Market Research, pertumbuhan small satellite ini akan tumbuh hingga 20,1% setiap tahunnya. Tentunya hal ini akan berpengaruh besar terhadap teknonogi communication, imagery-based information/intelligence and situsional awareness“ Ungkap Dr. Anggoro.
 
Selain itu, Beliaupun menjelaskan mengenai komunikasi payload yang mencangkup link budget dan sistem perencanaan, multiple acces dan air interface, serta payload engineering yang tentunya akan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan khususnya untuk para mahasiswa.
 
Disisi lain, workshop ini juga membahas tentang pengenalan mission design, orbit satelit, dan physical environment pada ruang angkasa. Pembicara juga menjelaskan mengenai perancangan small-bus, electrical power, dan struktur pada sebuah spacecraft.
 
Di penghujung acara, peserta dikenalkan juga dengan teknologi remote-sensing optical (penginderaan jarak jauh) dan radar yang dapat dilakukan oleh satelit.
 
Dengan diadakannya seminar ini, diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai teknologi satelit kepada masyarakat luas dan mendorong generasi muda untuk menguasai teknologi terkini yang dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.
 
Arsip