Telkomsat Jalin Kerjasama dengan UNTAD Guna Pengembangan Pemanfaatan Teknologi Satelit di Indonesia

  • May 08, 2024
Alt
Bogor, 7 Mei 2024 - Sebagai wujud kerjasama kolaborasi industri - perguruan tinggi di Indonesia, Telkomsat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Teknik (FT) Universitas Tadulako (UNTAD). Acara ini berlangsung di Kantor Pusat Transmisi Satelit Telkomsat, yang terletak di Jalan K.H. Sholeh Iskandar KM 6, Kayu Manis, Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat.
 
Penandatangan ini dilakukan secara langsung oleh Direktur Pengembangan Telkomsat, Anggoro Kurnianto Widiawan, dan Dekan Fakultas Teknik, Ir. Andi Arham Adam, ST, M.Sc (Eng), Ph.D, serta disaksikan oleh Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, senior leaders Telkomsat, serta perwakilan dari UNTAD.
 
Dalam sambutannya, Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, mengungkapkan harapannya terhadap kerjasama ini. "Kami ingin meneruskan semangat Telkomsat untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi para stakeholders melalui penyediaan konektivitas berbasis teknologi satelit. Melalui konektivitas dan cakupan wilayah yang dapat disediakan menggunakan teknologi satelit, kami berharap kerja sama ini dapat membantu mencerdaskan bangsa dan sebagai enabler bagi proses bisnis para stakeholders di Sulawesi Tengah maupun di seluruh Indonesia," ujar Lukman.
 
Tujuan dari MoU ini adalah untuk menciptakan kerjasama dengan prinsip yang saling menguntungkan, dengan memperhatikan visi dan misi yang diemban oleh TELKOMSAT dan FT UNTAD dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki masing-masing pihak, dan tetap berpegang pada prinsip-prinsip Good Corporate Governance(GCG), serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Ruang lingkup kerjasama MoU ini antara lain : pemanfaatan yang saling menguntungkan atas infrastruktur yang dimiliki Telkomsat dan atas potensi yang dimiliki oleh FT UNTAD; potensi kerja sama  eksplorasi dan eksploitasi layanan Internet of Things (IoT) untuk pertambangan, pertanian, perminyakan, dan sebagainya; serta potensi penetrasi digitalisasi berbasis satelit di area Sulawesi Tengah dan sekitarnya. Lebih lanjut, melalui kerjasama ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang untuk inovasi dan aplikasi teknologi yang berkelanjutan.
 
Penandatanganan MoU ini merupakan langkah signifikan dalam memperkuat kerjasama antarlembaga dan meningkatkan kompetensi hingga komersialisasi teknologi di Indonesia, khususnya dalam bidang aplikasi dan pengembangan teknologi satelit.
 
#DiscoverNewHorizons
Archive