Sosialisasi Pembuatan Risk Register pada Aplikasi ERM Online untuk Mengoptimalkan Manajemen Risiko

  • September 01, 2023
Alt
Bogor, 31 Agustus 2023 - Telkomsat kembali melakukan sosialisasi Pembuatan Risk Register pada Aplikasi ERM Online pasca terjadinya Transformasi Organisasi di Telkomsat. Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh para Risk Agent dari masing-masing unit, serta para Senior Leaders Telkomsat. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan arahan dalam pembuatan serta penyesuaian Risk Register Telkomsat pasca Transformasi Organisasi sekaligus menjadi refreshment terhadap seluruh karyawan Telkomsat, khususnya para Risk Agent untuk mengoptimalkan pengelolaan risiko dalam Perusahaan.
 
Risk Register adalah sebuah dokumen yang digunakan sebagai tool manajemen risiko untuk merekam, mengidentifikasi, serta mengelola risiko-risiko yang mungkin mempengaruhi proyek, kegiatan, atau operasi suatu Perusahaan. Risk Register juga digunakan untuk pemenuhan compliance terhadap peraturan Perusahaan, dimana dalam Risk Register memuat setiap detail mengenai risiko, termasuk deskripsi risiko, dampak kualitatif, kemungkinan terjadinya, serta langkah-langkah yang akan diambil untuk mengelola risiko tersebut. Risk Register Telkomsat dikelola dalam sebuah aplikasi ERM Online untuk memudahkan pemantauan risiko oleh seluruh karyawan Telkomsat khususnya Risk Owner dan pemantauan risiko oleh PT Telkom Indonesia yang sekaligus menjadi parent dari Telkomsat. 
 
Acara ini diawali dengan sambutan oleh VP Finance & Risk Management Telkomsat, Trisno Luminto. Dalam sambutannya beliau menghimbau bahwa, “Risk Management menjadi element yang sangat penting, sehingga tidak dapat dipisahkan dari kegiatan operasional Perusahaan dan telah melekat pada Direktorat Keuangan dan Risiko. Salah satu bagian penting dalam pengelolaan risiko adalah setiap risiko beserta mitigasinya harus didokumentasikan, dan hal tersebut dilakukan dengan membuat Risk Register yang nantinya akan dimonitor, direview serta dilaporkan bertahap sehingga dapat dilihat konsistensi Perusahaan dalam mengimplementasi pengelelolaan risiko,”.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan arahan sekaligus penyampaian materi oleh PGS AVP Risk Management, Maria Uliarta Pasaribu. Beliau menyampaikan urgensi dari pembuatan Risk Register yaitu berdasarkan lesson learned hasil pengukuran Risk Maturity Index (RMI) di Anak Perusahaan agar Risk Register dapat disusun dan dilengkapi dari level korporasi hingga level unit sebagai bentuk konsistensi implementasi manajemen risiko untuk masuk ke level maturity yang lebih baik. Kegiatan ditutup dengan melakukan workshop pembuatan Risk Register bersama oleh perwakilan Risk Agent. 
 
Dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan awareness pada karyawan Telkomsat terkait pentingnya mengidentifikasi risiko yang ada pada unit-unit dan langkah-langkah yang akan diambil untuk mengelolanya serta mendokumentasikannya pada Risk Register, sehingga perusahaan dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian bisnis dan menjaga keberlanjutan operasional untuk jangka panjang. 
 
#TelkomsatMelesat
 
Archive