Karyawan Telkomsat Raih Best Paper Pada The 4th International Conference of ICIMCIS 2022

  • November 24, 2022
Alt
Bogor - Paper karyawan Telkomsat yang dipresentasikan pada “The 4th International Conference of ICIMCIS 2022 (International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber, and Information System)” di UPN Veteran Jakarta, terpilih sebagai salah satu The Best Paper for The Information System yang diumumkan pada Penutupan konferensi di UPN Veteran Jakarta, 17 November 2022.
 
Konferensi ICIMCIS 2022 diikuti oleh berbagai tim yang berasal dari perguruan tinggi ternama di Indonesia dan luar negeri, mengikuti serangkaian penjurian dan selanjutnya mempresentasikan mengenai makalahnya secara virtual.
 
Salah satu makalah terbaik yang terpilih berjudul “Analysis of Stakeholder Satisfaction Using ITILv4 For Data Management in Telkomsat ERP”, dimana makalah ini digawangi oleh Tim IT Telkomsat yakni Nugroho Wibisono, Ayu Putri Sakinah, dan Rian Fitriana. Selain itu, penyusunan makalah juga melibatkan Tim Peneliti yang berasal dari Swiss German University (SGU). 
 
ERP yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi 3easy beyond yang merupakan sistem digital fullfilment yang telah terintegrasi dan dimanfaatkan oleh stakeholder di Telkomsat sejak tahun 2019 dan terus disempurnakan hingga saat ini. Oleh karena itu, kajian ini dirasa perlu dilakukan untuk menguji efektifitas dari sistem ini. 
 
Riset yang diambil dalam makalah ini membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna ERP Telkomsat yang telah dibuat untuk perbaikan Manajemen Data menggunakan DAMA DMBOK dan diselaraskan dengan Framework IT Service yaitu ITILv4 pada pemenuhan proses bisnis dan kelancaran operasional perusahaan, terutama di PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat).
 
“Dengan penelitian ini diharapkan mampu menyelaraskan pemanfaatan seluruh aset teknologi dan ekosistem digital di Telkomsat. Kami percaya penelitian ini akan meningkatkan tata kelola digital transformasi di Telkomsat agar lebih efektif”, Ungkap GM IT Telkomsat, Nugroho Wibisono.
Archive