Telkomsat Meraih Penghargaan Internasional Dalam Ajang Asia Pacific Stevie Awards 2021

  • Mei 11, 2021
Alt
Jakarta - Aplikasi MANTOOLS yang dihadirkan oleh PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), meraih penghargaan dalam ajang internasional Asia Pacific Stevie Awards 2021 dengan meraih Bronze Stevie Winner dalam kategori Innovative Use of Technology in Human Resources, pada Kamis (06/05).
 
Aplikasi Manage Assurance Network Tool System (MANTOOLS) merupakan sebuah software berbasis mobile application dan web yang dihadirkan oleh Telkomsat untuk penanganan gangguan yang digunakan untuk membuat tiket gangguan, mengalokasikan teknisi dan monitoring penyelesaian gangguan secara realtime.
 
Aplikasi ini menjadi wadah sekaligus platform bagi para teknisi internal, mitra partnership dan freelance guna mendukung proses assurance perusahaan yang berkaitan dengan kebutuhan resource untuk perbaikan gangguan. MANTOOLS memiliki sistem yang sudah terintegrasi, salah satunya dengan payment gateway seperti LinkAja, Midtrans, dan Finpay. Hal ini tentunya akan memudahkan untuk mendukung para teknisi memenuhi kebutuhan operasional penanganan teknis.
 
Dihadirkan Untuk Menjaga Kepuasan Pelanggan
 
Aplikasi MANTOOLS memudahkan Telkomsat untuk mendapatkan teknisi dengan cepat sesuai dengan lokasi terdekat. Proses pencarian teknisi mulai dari recruitment, pencarian dan assign dilakukan secara realtime dan efektif.
 
Dimulai dari penerimaan gangguan dari pelangan, kemudian dibuatkan tiket dan menugaskan teknisi di aplikasi MANTOOLS Complaint Handling, dilanjutkan dengan pengalokasian resource untuk maintenance melalui aplikasi MANTOOLS BackEnd yang sudah terintegrasi dengan system payment gateway. Selanjutnya teknisi dapat menerima rincian gangguan di aplikasi MANTOOLS Apps dan menyelesaikannya.
 
Mendukung Bisnis Telkomsat
 
Penggunaan MANTOOLS di Telkomsat telah digunakan lebih dari 600 teknisi internal, mitra partnership maupun freelance. Sejak digunakan pada Agustus 2019, Aplikasi ini sudah membantu penyelesaian lebih dari 43.000 tiket gangguan yang dialami oleh segmen Banking and Finance, Consumer, Maritim, Government, dan OLO.
 
Selain itu, aplikasi ini dapat menekan biaya operasional maintenance hingga 23%. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi Telkomsat karena dapat menjaga cost efficiency dan mempertahankan kualitas layanan dan meminimalkan durasi apabila terjadi gangguan pada sistem.
 
Pada prospek bisnis kedepannya, aplikasi ini mampu menghandle tiket gangguan hingga 36.000 tiket dalam satu tahun dan menghadirkan potensi-potensi teknisi yang akan bergabung pada setiap provinsi hingga total keseluruhan 180 teknisi pertahunnya.
 
Menurut CTO Telkomsat Anggoro Kurnianto Widiawan, “Aplikasi Mantools adalah buah inovasi kita sendiri di Telkomsat. Kami bangga karena melalui aplikasi ini, mampu menghantarkan Telkomsat untuk meraih penghargaan berkelas internasional. Kita tidak akan berhenti disini, dan inovasi-inovasi selanjutnya pasti akan kita hadirkan bagi seluruh masyarakat Indonesia.”
 
Dengan demikian, Aplikasi MANTOOLS dapat mendukung percepatan platform digital yang cerdas yang digaungkan oleh Telkom Group yang diyakini akan memberikan manfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia dan menjaga keberlanjutan usaha Perseroan ke depannya.
 
Arsip