Telkomsat Lakukan MoU Dengan APJII untuk Percepat Penetrasi Internet Melalui Layanan Satelit LEO

  • Maret 07, 2023
Alt
Jakarta, 6 Maret 2023 - Pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk mencapai 100% penetrasi internet pada tahun 2024. Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan dan pegunungan menjadi tantangan tersendiri untuk mewujudkan target pemerintah tersebut, khususnya dalam menggelar jaringan backhaul internet. Namun, kendala tersebut tampaknya akan segera teratasi dengan adanya teknologi Low Earth Orbit (LEO) yang bisa dimanfaatkan sebagai jaringan backhaul. Saat ini Telkomsat sudah mengantongi izin dari Kominfo untuk memanfaatkan Starlink sebagai opsi backhaul ISP di Indonesia.
 
Telkomsat telah memperoleh izin dari Kominfo untuk memanfaatkan Starlink sebagai backhaul ISP. Melihat peluang tersebut, APJII dan Telkomsat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Dengan adanya MoU tersebut, diharapkan memberikan kesempatan bagi ISP anggota APJII dan Telkomsat untuk saling bertukar informasi dan menggali potensi, manfaat, dan keuntungan menggunakan Starlink sebagai backhaul serta aspek teknis dan persyaratan untuk menggunakan teknologi ini. Telkomsat sebagai mitra Starlink juga akan menjawab pertanyaan dan mendiskusikan potensi peluang kemitraan dan kolaborasi.
 
Muhammad Arif, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), menilai MoU antara APJII dan Telkomsat merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi anggota APJII untuk menggali informasi sehingga nantinya dapat berkolaborasi untuk dapat memberikan layanan broadband di daerah yang selama ini memiliki keterbatasan infrastruktur telekomunikasi. Arif menambahkan bahwa selama ini ketika anggota APJII ingin menyediakan jaringan internet di daerah terpencil, mereka kerap terkendala ketersediaan jaringan backhaul. Dengan adanya MoU antara APJII dan Telkomsat, diharapkan dapat membuka peluang untuk memanfaatkan Starlink sebagai backhaul. Dengan memanfaatkan Starlink sebagai backhaul ISP, Arif berharap dapat mempercepat anggota APJII untuk dapat memberikan layanan telekomunikasi di daerah yang selama ini belum bisa menikmati broadband.
 
“Saya berharap MoU antara APJII dan Telkomsat ini dapat membuka peluang peningkatan penetrasi internet di Indonesia, sehingga nantinya target pemerintah untuk memberikan layanan broadband internet di seluruh wilayah Indonesia dapat segera tercapai. APJII melihat masih banyak potensi yang bisa digarap antara anggota APJII dan Telkomsat, khususnya untuk segmen enterprise. Peluang anggota APJII untuk memberikan layanan broadband bagi perusahaan pertambangan dan anjungan lepas pantai masih sangat terbuka lebar. Sehingga kerjasama antara APJII dan Telkomsat untuk memberikan layanan backhaul menjadi sangat strategis,” ucap Arif.
 
Lukman Hakim Abd. Rauf, CEO Telkomsat mengatakan, kerjasama dengan Starlink saat ini membuat kapasitas bandwidth Telkomsat meningkat sangat signifikan. Dengan kapasitas yang sangat besar tersebut, menurut Lukman, Telkomsat mampu memenuhi kebutuhan anggota APJII yang membutuhkan jaringan untuk backhaul.
 
“Jika teman-teman anggota APJII membutuhkan bandwidth untuk uplink, Telkomsat bisa memenuhinya. Saat ini, kapasitas yang dimiliki oleh Telkomsat sangat besar dan dapat memenuhi kebutuhan berapapun yang diminta oleh anggota APJII. Telkomsat tidak akan menjual bandwidth ke end-user. Target Telkomsat dalam memberikan layanan adalah kepada operator seluler dan perusahaan ISP. Sehingga kami berharap Telkomsat dapat menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bisnis anggota APJII dalam penggelaran infrastruktur telekomunikasi di Indonesia,” kata Lukman.
 
Arsip