Telkomsat Jalin Kolaborasi Dengan Tel-U Guna Menindaklanjuti Pemanfaatan Penelitian Satelit Baru

  • Desember 15, 2020
Alt
Bandung – Sebagai tindak lanjut rencana pengembangan teknologi satelit di Indonesia, khususnya terkait satelit konstelasi dan bisnis satelit untuk pelanggan Telkom Group, Telkomsat melakukan kunjungan ke Telkom University (Tel-U) dalam rangka diskusi membahas rencana pemanfaatan penelitian dan pengembangan konstelasi satelit komunikasi pada orbit rendah. Kunjungan dan diskusi ini dilakukan di Kantor Rektorat Telkom University, Jl. Terusan Buah Batu, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Kota Bandung, pada Jumat (11/12).
 
Pertemuan ini dihadiri langsung oleh CEO PT. Telkomsat, Endi Fitri Herlianto yang didampingi oleh VP Strategic Business Development, Philipus Nanang H; VP Product Development & Project Management, Sugeng Sugiarto dan AVP Product Development, Ricky Kusnandar. Hadir pula Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya; Wakil Rektor 4, Dr. Rina Pudji Astuti beserta tim.
 
Dalam sambutannya, Prof. Dr. Adiwijaya mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik kolaborasi antara Telkomsat dan Telkom University, dan semoga dengan kolaborasi ini dapat memberikan manfaat besar bagi bangsa Indonesia.
 
“Semoga kolaborasi yang dijalin antara Telkomsat dan Telkom University mendapat kemudahan, dengan niat yang baik kita akan melakukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.” Ungkap Prof. Dr. Adiwijaya.
 
Hal senada diungkapkan oleh CEO Telkomsat, Endi Fitri Herlianto. Menurutnya untuk membangun ekosistem industri satelit Indonesia, Telkomsat perlu bekerjasama dengan industri dan akademisi. Diharapkan melalui kolaborasi ini akan muncul ide dan inovasi baru yang dapat bermanfaat bagi perkembangan telekomunikasi di Indonesia. Seperti contohnya munculnya inovasi yang memanfaatkan micro satelit Automatic Identification System (AIS), IoT,dll.
 
AIS merupakan perangkat yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vessel tracking sehingga kapal dapat dipantau dan dikoordinir dari kantor di darat sekaligus untuk komunikasi dengan awak kapal. Selain itu, AIS ini digunakan sebagai bentuk pengawasan dan jaminan keselamatan pelayaran di seluruh wilayah hukum Indonesia oleh Kemenhub.
 
Keterlibatan Telkomsat dan Telkom University akan berorientasi khusus pada layanan telekomunikasi satelit yang mengacu kepada berbagai aspek kehidupan manusia. Kerjasama ini juga akan membuka berbagai peluang kolaborasi dengan industri lainnya atau startup yang bergerak di bidang teknologi satelit sehingga nantinya terjadi kolaborasi.
 
Melalui kerjasama ini diharapkan bangsa Indonesia dapat membuat satelit karya anak bangsa yang dapat dibanggakan dimata dunia, mendorong pembangunan masyarakat digital Indonesia dan memperkuat peran Telkomsat  sebagai enabler dalam kemajuan ekonomi digital nasional.
Arsip