Melalui Layanan Satelit, Telkomsat Dukung Program Digitalisasi SPBU Pertamina

  • Maret 15, 2021
Alt
PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) bersama dengan induk perusahaannya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mendukung PT Pertamina (Persero) dalam mengimplementasikan dan merealisasikan program digitalisasi SPBU di seluruh wilayah Indonesia.
 
Program digitalisasi ini merupakan upaya Pertamina dalam meningkatkan operasional dan pelayanan kepada masyarakat dengan memperoleh kemudahan dalam melakukan transaksi dan mengetahui ketersediaan BBM yang dibutuhkan. Melalui digitalisasi ini, Pertamina juga dapat memantau kondisi stok dan penjualan BBM, transaksi pembayaran di SPBU serta pengelolaan penyaluran BBM bersubsidi di setiap SPBU secara real time.
 
Disamping itu, seluruh data digitalisasi tersebut dapat diakses secara langsung oleh sejumlah pihak berwenang, seperti Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, serta BPH Migas sehingga dapat saling mendukung dalam mengawasi penyaluran BBM termasuk yang bersubsidi yaitu Bio Solar (B30) dan Premium.
 
Beberapa program dari digitalisasi SPBU meliputi pengembangan sistem auto replenishment stok BBM ke SPBU dan sistem pre-purchase dengan melakukan pencatatan nomor polisi kendaraan. Sedangkan dari sisi konsumen, digitalisasi melalui aplikasi MyPertamina menawarkan fasilitas cashless payment program menggunakan digital payment, serta profiling customer berbasis loyalty program.
 
Dalam program ini, Telkom bertanggung jawab dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi baik melalui jaringan fixed maupun mobile. Sedangkan, Telkomsat melalui salah satu produknya Mangoesky berperan aktif sebagai penyalur komunikasi melalui satelit bagi SPBU, khususnya yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).
 
Hingga bulan Februari 2021, layanan telekomunikasi berbasis satelit dari Mangoesky telah terhubung dengan 136 SPBU yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Layanan Mangoesky memiliki jaringan internet yang memungkinkan untuk digunakan hingga ke pelosok daerah, dari Sabang sampai Merauke.
 
Menurut, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara, “Telkom mendukung penuh Pertamina untuk berupaya semaksimal mungkin segera menyelesaikan proses digitalisasi SPBU di tengah keterbatasan situasi pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, di mana transaksi non tunai (cashless) mengurangi kontak fisik namun tetap memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan.”
 
Hal senada diungkapkan juga oleh Direktur Utama Telkomsat Endi Fitri Herlianto, “Dukungan Telkomsat dalam program ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia dengan membangun infrastruktur dan platform digital yang cerdas dan berkelanjutan, serta dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia.”
 
Dengan kontribusi ini, Telkomsat dianugerahi penghargaan sebagai salah satu kontributor terbaik dalam penyelesaian proyek digitalisasi SPBU di Telkom Regional-1 sebanyak 1.046 BAST.
 
Melalui program digitalisasi SPBU, Telkomsat akan terus memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan satelit dengan mendukung pengembangan digital connectivity untuk memperkuat ekonomi digital di Indonesia.

Sumber:
1. Telkom Indonesia (https://telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/news/tingkatkan-kualitas-layanan-ke-masyarakat,-telkom-dukung-pertamina-genjot-digitalisasi-spbu-di-seluruh-indonesia-1187)
2. CNN Indonesia (https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201211105414-97-580846/telkom-tuntaskan-digitalisasi-spbu-di-seluruh-indonesia) 
Arsip